Rabu, 06 Juni 2012

Tutorial Membuat Gerak Random Enter Frame dengan ActionScript 3.0

Sebuah objek yang akan kita gerakan berdasarkan skala X dan Y,  adalah beberapa lingkaran yang telah diconvert ke symbol sebagai movie clip.

1. Persiapkan Adobe Flash CS4 yang mendukung ActionScript 3.0, kemudian create New Document (ActionScript 3.0).
2. Buatlah objek lingakaran sebanyak 4 buah (Layer 1 Frame 1), Convert to Symbol (nama : circle1) sebagai Movie Clip, dan masing-masing beri nama instance-nya dengan linkar1_mc, lingkar2_mc, lingkar3_mc, linkar4_mc.



3. Masuk ke Movie Clip Timeline, dengan cara : klik sebanyak 2 kali pada salah satu lingkaran.
Pastikan bahwa telah masuk ke area Movie Clip Timeline (bukan Main Timeline : Scene 1) dengan melihat tanda seperti disamping ini :



4. Buatkan Layer 2, dan pada Frame 1 klik kanan lalu pilih Actions.
5. Ketikkan script dibawah ini :

    import flash.events.Event;

    this.addEventListener(Event.ENTER_FRAME,randomize);

    function randomize(e:Event):void
   {
      var nScale:Number = Math.random() * 3;
      this.scaleX = nScale;
      this.scaleY = nScale;
   }




6. Kembali ke Main Timeline (Scene 1), dengan mengklik Scene 1
7. Test movie, tekan CTRL+Enter


Penjelasan :

Masing-masing lingkaran akan bergerak cepat berdasarkan sumbu X dan Y yang telah dirandom nilai X dan Y tersebut. Tanpa perlu menekan CTRL+Enter berulang-ulang untuk melihat pergerakannya yang berubah tiap detiknya. this menyatakan suatu objek yang ada.


Selamat mencoba ^__^

5 komentar:

  1. sambil blog walking sambil ngomentar ah....
    tutor yang keyenn mantaps ! :)

    BalasHapus
  2. makasih mas ilmunya..

    mau tanya kalo misal kasus kayak gini gimana ya :
    Gerakan bola dimulai dari titik acak,dan bergerak acak. Setiap update frame, arah bola juga
    acak dari 4 arah mata angin (1..4). Misal 1 artinyabergerak ke kiri, 2 ke kanan, 3 ke atas dan
    4 ke bawah. Gerak bola berakhir jika di close

    BalasHapus

kunjungi selalu http://dindingmenulisonline-getaufan.blogspot.com