Jumat, 25 November 2011

Facebook versus Google+

Tidak ada manusia yang tidak mengenal Facebook, dari mulai anak kecil hingga orang dewasa. Dan Facebook tak mengenal ras dan suku serta tidak mengenal miskin atau kaya. Bisa dibilang dunia tengah demam Facebook. Beruntung Mark "Founder Facebook" mendapat investor untuk mengembangkan jejaring sosialnya. Inteligensi dan kreativitas yang ia punya menjadi suatu populritas di dunia maya. Saya sendiri telah tersuntik demam facebook, ya walaupun terkadang berada di titik jenuh, bosan karena "update status" apa yang harus saya buat. 

Namun jangan senang dulu Mark, Founder sistem pencarian "Google" (baca : google search) telah  menerobos dalam dunia jejaring sosial. Para netter perlahan beralih ke jejaring sosial yang didevelop oleh google yaitu Google+ (baca : google plus). Fasilitas yang ditawarkan oleh google plus tak jauh beda dengan fasilitas yang ada di facebook, namun desain dan efektifitas yang disajikan oleh google plus lebih menarik dan efisien, bisa dibilang tidak monoton. Tengok saja fasilitas "add friend" yang biasa disebut "Lingkaran" (baca : circle), kita bisa lebih luas dan nyaman serta menarik saat menambah teman dari seluruh dunia. Google+ tidak membatasi atau pun tidak memberi batas antar zona negara. Misalkan saya dari Indonesia, saat akun baru dibuat lalu Google+ menyarankan untuk memilih teman dari yang disajikannya berasal dari berbagai negara. Memang mengasyikkan membangun pertemanan yang berbeda-beda budaya dan keragaman ras.


Berbeda pula dengan facebook, akun yang kita buat difokuskan kepada dimana kita berasal maka teman-teman yang mungkin anda kenal akan bermunculan dari tempat atau negara kita berasal. Agak sulit untuk menambah teman dari  kultur dan negara yang berbeda. Seharusnya yang namanya jejaring sosial tidak harus membatasi dan mengatur keinginan kita untuk membangun pertemanan.

Sekarang tinggal anda sendiri yang memilih, apakah anda lebih senang Facebook ataukah Google+ lebih mengasyikkan?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kunjungi selalu http://dindingmenulisonline-getaufan.blogspot.com

Ada kesalahan di dalam gadget ini